Facebook

Selasa, 04 April 2017

Perkembangan Kognitif pada Anak

Kognitif adalah salah satu ranah dalam taksonomi pendidikan. Secara umum kognitif diartikan potensi intelektual yang terdiri dari tahapan: pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehention), penerapan (aplication), analisa (analysis), sintesa (sinthesis), evaluasi (evaluation). Ranah kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Seiring dengan masuknya anak ke sekolah dasar, maka kemampuan kognitifnya turut mengalami perkembangan yang pesat. Karena dengan masuk sekolah, dunia dan minat anak semakin luas, dan dengan meluasnya minat maka bertambah pula pengertian tentang manusia dan objek-objek yang sebelumnya kurang berarti bagi anak. Pada sekolah dasar, pemikiran seorang anak sudah berkembang ke arah konkrit, rasional dan objektif. Daya ingatnya menjadi sangat kuat, sehingga anak benar-benar dalam stadium belajar.

Jean Piaget menggambarkan masa kanak-kanak awal sebagai tahap praoperasional (preoperational stage) yaitu, mengenai kemajuan pemikiran seorang anak terhadap penggunaan pemikiran simbolis, empati, pemahaman terhadap angka, pemahaman sebab akibat, tetapi masih belum dapat menggunakan logika. ketidakmatangan pemikiran anak, Proses dasar dan kapasitas,  dan merekognisi dalam pengingatan.


Pengertian cerdas tinggi merupakan pengertian yang sensitif dan bahkan dapat dianggap sebagai pengertian yang diskriminatif terhadap mereka yang tidak tergolong cerdas tinggi. Dan ini akan menimbulkan pengertian yang elit dan kelas yang istimewa. Namun kenyataannya memang ada yang berbeda diantara orang yang satu dengan orang yang lain, tidak hanya dalam warna kulit atau panjang badan melainkan juga kemampuan kognitif, sosial, kreativitas, atau motorik. Mengandung pengertian bahwa harus ada kesempatan yang sama bagi semua anak, yang diinterpretasi salah sebagai pengertian bahwa semua anak adalah sama, menyebabkan dan usaha pendidikan paling akhir dicurahkan bagi anak-anak yang mempunyai kecerdasan yang tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar